Cegah Jerawat, Nutrisi Ini Wajib Ada Di Menu Makanan


Anda tentu tidak mau wajah Anda dipenuhi jerawat, bukan? Selain membuat kulit wajah menjadi merah dan penuh bekas luka, jerawat juga membuat Anda menjadi tidak percaya diri untuk tampil di depan orang banyak. Kalau Anda tidak ingin mengalaminya, maka selain membersihkan wajah dengan rajin, Anda juga harus menjaga pola makan.

Inilah beberapa nutrisi yang terbukti bisa mencegah jerawat timbul:

1. Omega-3

Lemak yang sehat dan membuat kulit lebih cerah dan terjaga kelembabannya. Makanan yang mengandung omega-3 adalah salmon, kedelai dan olahannya, biji rami, dan kenari.

2. Antioksidan

Zat untuk mencegah kerusakan kulit karena radikal bebas. Salah satu antioksidan, likopen, sangat berguna untuk menjaga kemudaan kulit. Makanan yang mempunyai zat ini adalah tomat, jeruk, dan semangka.

3. Serat

Melancarkan pencernaan, mencegah terjadinya penumpukan racun di tubuh, dan mengurangi masalah kulit. Berikut makanan yang mengandung serat: almond, sayuran (brokoli, bayam, kol), buah (jeruk, pisang, apel), dan biji-bijian seperti beras merah, oatmeal, dan gandum.

4. Seng

Seng sangat berguna mengatasi gejala awal timbulnya jerawat. Daging sapi, domba dan kacang tanah adalah makanan dengan seng tinggi.

Selama makanan tersebut tidak diolah dengan cara digoreng, maka Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan-makanan di atas. Selain itu, hindarilah makanan dengan gula berlebih, karena berkontribusi meningkatkan masalah kulit, tidak hanya jerawat saja. Makanlah makanan yang sehat, sering minum air putih, dan bersihkan wajah secara teratur, maka masalah jerawat bisa diminimalisir.