Waspada 4 Benda Penyebab Jerawat Berikut


Tak ada yang suka ketika jerawat muncul. Selain merusak penampilan, jerawat juga meninggalkan bekas yang membuat kulit jadi bopeng. Karena itulah, Anda pasti sering mendengar tentang betapa pentingnya membersihkan wajah dari debu dan kotoran untuk mencegah jerawat. Tetapi tahukah Anda bahwa selain kedua hal tersebut, ada benda lain yang bisa menyebabkan jerawat timbul?

Ini dia benda sehari-hari yang ternyata bisa memicu jerawat:

1. Sarung bantal
Anda tentu sering menempelkan wajah di sarung bantal tiap malam. Kalau Anda jarang mencucinya, maka tentu saja jerawat timbul karena kotoran yang menempel. Cucilah sarung bantal seminggu sekali.

2. Handphone
Handphone yang ditempelkan ke wajah ketika menelepon akan diselimuti minyak yang membuat debu lengket. Selain itu, tangan Anda ketika memegang juga telah dikotori berbagai bakteri dan kuman.

3. Shampo dan conditioner 
Kandungan sodium lauryl dan amonium lauryl di dalamnya bisa menyebabkan jerawat, demikian juga dengan conditioner. Bersihkan shampoo dari muka dengan teliti saat mandi.

4. Pasta gigi
Fluoride di dalamnya bisa menyebabkan iritasi jika bersentuhan dengan kulit. Jadi sebaiknya setelah menyikat gigi, baru Anda mencuci muka.

Selain benda-benda tersebut, handuk yang jarang dibersihkan juga akan menyebabkan jerawat. Kacamata, karena sering bersentuhan dengan kulit dan jarang dibersihkan, juga akan memicu jerawat. Kebiasaan bertopang dagu juga bisa jadi pemicu, apalagi kalau tangan kotor. Jadi intinya, selalu jaga kebersihan diri dan barang-barang yang Anda pakai, supaya terhindar dari masalah ini.